Saturday 24 July 2010

Beginilah Kalau Polisi Kurang Disiplin



Tanggung-jawab pihak kepolisian dalam menjaga aksi demonstrasi sangat berat. Kalau terlalu keras, bisa menimbulkan efek yang tidak baik di mata masyarakat, dan bahkan bisa menimbulkan korban dari kedua belah pihak, baik dari polisi maupun demonstran. Namun, kalau terlalu lemah, para demonstran akan semakin berbuat sesuka hatinya.

Dilema ini memang terjadi dalam setiap pengamanan aksi unjuk rasa. Menindak keras salah; terlalu lemah, bisa berakibat menjurus aksi anarkis.

Pengamanan aksi demo, memang banyak tantangannya. Hal ini tentunya menuntut setiap aparat yang terjun dalam pengamanan aksi demo, selain harus memiliki skill teknik-teknik penanganan demo, juga memiliki sikap disiplin yang tinggi. Dalam kata lain, jangan mudah terpancing provokasi para demonstran yang kadang bisa membuat emosi lepas kendali, maupun hal-hal lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi tugas. Seperti misalnya dalam foto ilustrasi ini. Tampak aparat keamanan terganggu konsentrasinya oleh dua orang gadis cantik yang melintas saat tengah melakukan pengamanan.

Ah, jangan dianggap serius ya. Ini polisi di negara lain, di negara kita, polisinya nggak jelalatan seperti ini. Mungkin.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...