Thursday 12 August 2010

Facebook Sudah Mencapai Titik Jenuh



(London): Facebook memang baru saja mengukuhkan penggunanya yang ke-500 juta bulan Juli tetapi 'Facebookers' di Inggris tampaknya sudah mulai jenuh menggauli layanan jejaring sosial itu.

Hitwise, sebuah perusahaan periset persaingan 'online' mengungkapkan data bahwa para 'Facebookers' di Inggris selama bulan Juni sampai Juli 2010 hanya menghabiskan rata-rata 27,36 menit dengan akun Facebook mereka.

Sebelumnya, kutip The Telegraph, pada Desember 2009 para pengguna Facebook Inggris menghabiskan sekitar 30 menit dengan akun Facebook mereka.

Facebook kini berada di urutan kedua laman web yang paling sering dikunjungi di Inggris, di bawah Google dan menjadi satu dari setiap enam laman web yang diakses di Inggris.

Direktur riset Hitwise, Robin Goad, yakin bahwa Facebook telah mencapai titik jenuhnya.

"Pangsa pasar Facebook dari jumlah kunjungan laman web di Inggris Raya telah meningkat tiga kali lipat selama limat tahun terakhir tetapi pertumbuhan itu semakin lambat dalam enam bulan terakhir," tulis Goad.

"Bulan lalu terdapat sedikit penurunan tetapi semua itu tergantung musim, karena Agustus sampai September adalah masa orang balik sekolah atau kampus dan itu adalah masa yang penting bagi Facebook," Goad menambahkan.

"Facebook memiliki rata-rata sesi kunjungan yang tinggi, hampir 30 menit, tetapi telah stabil selama enam bulan terakhir setelah bertumbuh luar biasa di masa kejayaanya," papar Goad lebih lanjut.

Lebih dari 25 juta orang Inggris, atau satu dari tiga penduduk Inggris kini memiliki akun Facebook.

Berada di atas Inggris adalah Amerika Serikat (AS), dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia. Indonesia dan Turki berada di peringkat ketiga dan keempat.

Di Inggris meski pengguna Facebook terbanyak datang dari kelompok usia 18 sampai 25 tahun, tetapi lebih dari setengah Facebookers berusia di atas 25 tahun. Bahkan 38,2 persen Facebookers Inggris berusia di atas 35 tahun.

Bersama AS, Inggris menjadi sumber pengguna Facebook yang berusia lebih dari 55 tahun yaitu sebanyak 7,36 persen. Dua kali jumlah pengguna seusia di Prancis dan bahkan 12 kali lebih banyak dari di Indonesia.

Pengguna Facebook di Inggris juga seimbang secara gender meski perempuan lebih banyak 2,2 persen dari pengguna pria.

Pengguna perempuan juga melebihi pengguna laki-laki di semua kelompok usia tua (dia atas 35 tahun) sementara pengguna pria melebihi pengguna perempuan di kelompok usia di bawah 34.

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...