Friday 13 August 2010

Internet, Biang Kegemukan Pada Remaja !!!!!



Internet dituding sebagai salah satu biang kegemukan pada remaja perempuan. Benarkah demikian? Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Harvard Medical School, Brigham & Women's Hospital, dan Washington University.

Menurut penelitian ini, penggunaan internet, tidur, alkohol, konsumsi kopi merupakan faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya kegemukan pada gadis remaja.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 5000 gadis dengan rentang usia 14-21 tahun. Para peneliti melihat kebiasaan mingguan yang dilakukan para remaja tersebut selama setahun.

Dari sini terungkap bahwa gadis remaja yang melewatkan lebih banyak waktu santainya untuk berselancar di internet ternyata memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dan mengkonsumsi lebih banyak alcohol. Selain itu ditemukan bahwa gadis remaja yang minum lebih banyak kopi memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dan memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi lebih banyak alkohol.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa meningkatnya penggunaan internet untuk tujuan rekreasi, seperti email, situs jejaring sosial, IM, dan berselancar di internet bisa menjadi penyebab kelebihan berat badan yang dialami para gadis remaja," ujar Catherine Berkey, salah seorang peneliti.

Lebih lanjut Catherine Berkey menambahkan bahwa gadis-gadis yang melakukan aktivitas-aktivitas ini memiliki kecenderungan untuk kelebihan berat badan.

Saat ini obesitas menjadi isu yang tengah mengemuka di negara seperti Amerika Serikat dan Australia.

Untuk membantu mengatur berat badan yang ideal, Berkey menganjurkan para remaja untuk mengganti waktu bersenang-senang di internet dengan tidur cukup dan mencegah konsumsi alkohol.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...