Thursday, 17 February 2011

Lengkap Semua Hal Tentang Singkong




Singkong, dikenal juga sebagai ketela pohon atau ubi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.



Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Klasifikasi Ilmiah

pict:

Gambar deskriptif singkong dari Koehlers Medizinischepflanzen

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Upafamili: Crotonoideae
Bangsa: Manihoteae
Genus: Manihot
Spesies: M. esculenta

Sejarah dan pengaruh ekonomi

Jenis singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua varitas M.esculenta dapat dibudidayakan.

Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.
Proses Pembuatan

Umbi akar singkong banyak mengandung glukosa dan dapat dimakan mentah. Rasanya sedikit manis, ada pula yang pahit tergantung pada kandungan racun glukosida yang dapat membentuk asam sianida. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi akar yang masih segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Pada jenis singkong yang manis, proses pemasakan sangat diperlukan untuk menurunkan kadar racunnya. Dari umbi ini dapat pula dibuat tepung tapioka.

Pengolahan Singkong di Indonesia

Di indonesia, pada umumnya singkong di olah menjadi makanan. Namun tahukah jikalau singkong itu merupakan salah satu pohon yang seleuruh bagiannya bisa dimanfaatkan. dari mulai akar (umbi) sampai pucuk daun nya bisa bermanfaat.

Umbi singkong bisa di olah menjadi berbagai macam makanan, misalnya :
dengan pengolahan sederhana saja sudah bisa jadi 3 variasi : singkong rebus, singkong goreng, singkong bakar..
dengan pengolahan yang lebih bervariasi : kripik singkong (aneka rasa), getuk , comro, misro, peyeum (tape singkong), ketimus, dan masih banyak lagi..
umbi singkong bisa juga di olah menjadi tepung tapioka (bisa dijadikan aci /lem takol dan bisa juga di olah menjadi makanan)
Dengan kemajuan IPTEK bisa juga di olah menjadi BBN (Bahan Bakar Nabati) lebih populer dengan nama bioetanol dan biodesel yang keduanya disebut sebagai biofuel.

Kulit Singkong bisa dimanfaatkan sebagai makanan, di sunda di sebutnya empoy. bisa juga dijadikan kripik gurih.
Selain itu kulit singkong juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan karbon aktif. Tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya dari kulit singkokng ini.

Batang Singkong bisa ditanam kembali menjadi pohon singkong yang baru, bisa jadi pagar-pagar kebun, kayu bakar, dll.
Banyak juga yang memanfaatkan batang singkong sebagai hiasan rumah...

Daun Singkong bisa di olah menjadi makanan, seperti keripik daun singkokng, sayur daun singkong, lalapan, buntil dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Buah pohon singkong bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan seperti manisan.. atau dibuat sebagai pelengkap sayur berkuah.. selain itu bisa dibuat sebagai mainan anak-anak..
Beberapa contoh makanan dari singkong
food:






Makanan Favorit Agan/Sista :
Favourit:



Dari akar hingga pucuk daun singkong banyak manfaatnya.. tidak dapat disebutkan semua, karena mungkin masih banyak di daerah-daerah tertentu memanfaatkan dengan cara yang berbeda. Jika kita lebih kreatif tentu bisa menghasilkan produk baru yang lebih berinovasi..

Kandungan Gizi

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:
Kalori 146 kal
Air 62,50 gram
Fosfor 40,00 gram
Karbohidrat 34,00 gram
Kalsium 33,00 miligram
Vitamin C 0,00 miligram
Protein 1,20 gram
Besi 0,70 miligram
Lemak 0,30 gram
Vitamin B1 0,01 miligram
Singkong sebagai makanan ternak

Biasa digunakan di negara-negara seperti di Amerika Latin, Karibia, Tiongkok, Nigeria dan Eropa.

Produksi Singkong sedunia
singkong di dunia:

Produksi singkong sedunia (2008)

Tambahan :

sekedar info, racun HCN (Hydrogen Cyanide) atau asam sianida yang diproduksi oleh pabrik kimia, 60% diantaranya diambil dari singkong, sisanya dari katak biru amazon.

racun ini sangat kuat, hanya perlu setetes saja untuk membunuh manusia dewasa dalam waktu kurang dari 25 detik, dan racun ini pernah dipakai oleh Saddam Hussein saat menyerang sebuah desa di Iraq, reaksi HCN dengan Aerosol seperti CFC membuat racun ini berubah menjadi gas SARIN maupun ZYKLON - B (zat yang dipakai membunuh tawanan perang Jerman di kamp konsentrasi pada perang dunia II)

Yang dimaksud mungkin adalah jenis Singkong Karet (panggilan di tempat ane) atau dikenal dengan Spesies: Manihot glaziovii M.A.
Singkong yang satu ini memang memiliki kadar racun yang tinggi, dan bisa berakibat fatal jika dikonsumsi secara langsung tanpa pengolahan.

2 comments:

  1. memang banyak makanan yg terbuat dari singkong....

    ReplyDelete
  2. banyak makanan yang bisa dibuat dari bahan singkong

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...