Monday 16 August 2010

Metode Kelahiran Bayi Tanpa Rasa Sakit, Hypno Birthing



Secara alamiah ibu melahirkan anak adalah perjuangan yang sangat besar dan mulia. Karena, sangat menyakitkan dan mempertaruhkan nyawa sang ibu. Namun dengan perkembangan teknologi kedokteran ionovatif saat ini mulai banyak dikembangkan persalinan tanpas rasa sakit, yairu dengan metode persalinan hipnosis.

Persalinan dengan hipnosis atau dalam bahasa Inggris Hypno birthing berasal dari kata hypno dari hipnosis dan birthing atau melahirkan yang berarti keterampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran guna mempersiapkan dan menjalani kehamilan hingga menghadapi persalinan dengan nyaman.

Metode relaksasi dalam menjalani masa kehamilan sebenarnya bukan metode yang baru, namun telah digunakan sejak tahun 50-an di Amerika Serikat. Hanya saja akhir – akhir ini, banyak nama yang muncul dan dijadikan sebagai merk dagang baru untuk metode relaksasi kehamilan ini seperti HypnoBirthing, HypnoBabies, HypBirth dan sebagainya. Teknik relaksasi semacam ini dapat banyak membantu dalam mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama berlangsungnya proses kelahiran tanpa perlu menggunakan obat bius.

Semua nama baru tersebut menggunakan dasar kata hipnosis, bukan berarti ibu hamil akan tertidur atau tidak sadarkan dirinya saat praktek.Namun hipnosis yang digunakan adalah metode penanaman sugesti saat otak telah berada dalam kondisi rileks. Persalinan dengan hipnotis merupakan salah satu merk dagang yang paling dikenal saat ini, berada dibawah naungan HypnoBirthing Institute, USA. Pelopornya adalah salah satu tokoh yang menyebar-luaskan metode relaksasi kehamilan, yaitu seorang ahli hipnoterapi dari Amerika Serikat bernama Marie F.Mongan.

Di Indonesia, metode ini mulai disebar-luaskan pada tahun 2003 oleh Lanny Kuswandi, yang mempelajari metode HypnoBirthing Marie Mongan di Australia. Ia adalah seorang bidan yang kemudian mendalami ilmu hipnoterapi spesifik pada bidang kehamilan.

Manfaat

1. Memperpendek tahap awal persalinan.
2. Proses menyusui dapat dengan cepat dilakukan karena bayi umumnya lebih tenang
dan waspada saat lahir.
3. Mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit dalam
persalinan.
4. Memungkinkan otot-otot syaraf dan badan di tubuh ibu bekerja secara selaras dan
alamiah selama proses kelahiran terjadi.
5. Mendapatkan pengalaman melahirkan yang positif (menyenangkan) karena terjadinya
ikatan yang baik antara ibu dengan bayi dan suami (pasangan hidup).
6. Memberikan peran penting bagi pendamping (aktif) selama proses kelahiran.
7. Membantu ibu untuk melahirkan bayinya dengan caranya sendiri.

source: http://korananakindonesia.wordpress.com/2010/08/10/persalinan-hipnosis-metode-kelahiran-bayi-tanpa-menyakitkan/

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...